Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Anda harus mengenal komponen di dalam kulkas 2 pintu dan fungsinya masing masing. Agar dapat memahami cara kerja kelistrikan lemari es 2 pintu anda harus mengetahui lebih dulu mengetahui sistem pendingin atau diagram kulkas 2 pintu tersebut.

Tidak seperti perangkat elektronik lainnya seperti televisi dan amplifier audio, lemari es memiliki sirkuit dan kabel listrik yang sangat sederhana, dan jumlah komponennya kecil. Hampir semua merk kulkas seperti Samsung, Polytron, Sharp, Aqua, dll rata-rata memiliki wiring diagram yang sama.

Rangkaian listrik kulkas dua pintu pada dasarnya sama dengan kulkas satu pintu. Kulkas dua pintu hanya memiliki komponen tambahan berupa defroster dan heater yang menjalankan fungsi pencairan otomatis.

Bagian Komponen Di Dalam Kulkas 2 Pintu

Berikut ini penjelasan fungsi bagian bagian kulkas 2 pintu :

Kompresor

Komponen kompresor adalah pompa listrik yang menarik masuk dan mengeluarkan gas freon atau zat pendingin dari pipa pendingin lemari es. Kompresor lemari es biasanya terletak di bagian belakang lemari es dan merupakan tabung tertutup.

Semua bagian kompresor berada di dalam pipa dan dibenamkan dalam sistem pendingin. Saat memperbaiki kompresor, Anda harus terlebih dahulu membuka tabung dengan mesin pemotong.

PTC

Komponen ini menyerupai sebuah resistor yang resistansinya dapat berubah-ubah tergantung dari suhu resistor tersebut. Nilai resistor PTC meningkat seiring dengan meningkatnya suhu tubuh resistor atau PTC. Fungsi PTC adalah untuk memasok arus ke belitan bantu kompresor saat kompresor bekerja.

Koil bantu diperlukan untuk membantu koil utama kompresor memutar rotor. Ketika rotor mampu berputar secara stabil, suhu PTC naik karena panas yang dihasilkan oleh koil kompresor. Meningkatkan suhu PTC meningkatkan ketahanannya. Ini karena itu mencegah aliran arus yang mengarah ke kumparan bantu.

Door switch refrigerator

Sakelar digunakan untuk mengatur daya ke lampu kulkas dan kipas evaporator. Saat pintu lemari es tertutup, posisi saklar menyebabkan arus mengalir melalui saklar pintu freezer ke kipas evaporator. Jika pintu lemari es terbuka, sakelar mentransfer daya dari kipas evaporator ke lampu lemari es. Akibatnya, lampu lemari es dapat menyala dan kipas evaporator berhenti. Sakelar ini memungkinkan penggunaan daya yang lebih efisien.

Door switch freezer

Fungsi door switch freezer adalah untuk memastikan tutup pintu freezer box dalam keadaan tertutup rapat. Karena jika pintu freezer tidak tertutup dengan baik maka switch tidak menutup sehingga aliran listrik tidak dapat ke kipas evaporator. Jadi ketika anda selesai membuka freezer box, pastikan anda sudah menutup dengan benar pintu freezer agar sistem pendinginan dapat berjalan dengan baik.

Overload protektor

Komponen ini sering disebut perlindungan kelebihan beban termal. Karena dapat melindungi kompresor dari panas berlebih. Saat kompresor terlalu panas, perlindungan beban berlebih bekerja dan memutus catu daya ke kompresor.

Dengan cara ini kerusakan kompresor akibat overheating bisa dihindari. Kompresor panas karena oli pendingin kompresor habis atau kering. Hal ini juga bisa disebabkan oleh lemari es yang terlalu penuh sehingga terlalu lama untuk didinginkan.

Thermo Fuse

Sekering termal mencegah panas berlebih dari pemanas. Ini adalah fitur keamanan jika termostat rusak menyebabkan arus konstan mengalir melalui pemanas. Dengan sekering termal, panas konstan dari heatsink dapat merusak komponen lainnya.

Sekering termal biasanya memiliki batas atas sekitar 72°C. Ini berarti bahwa ketika suhu elemen pemanas melebihi batas atas, sekring dapat membuka dan memutus arus ke elemen pemanas.

Kipas Evaporator

Letak kipas evaporator di dalam kulkas bersebelahan dengan evaporator. Fungsi kipas adalah untuk mengalirkan udara dingin dari evaporator ke ruangan yang dingin, terutama freezer. Kipas evaporator hanya terdapat pada lemari es yang menggunakan sistem defrost untuk mengeluarkan es dari freezer. Daya kipas kipas atau evaporator sekitar 12W dengan arus maksimal 0,7A.

Lampu

Lampu di dalam kulkas berfungsi untuk menerangi ruangan di dalam kulkas saat kulkas di buka. Nyala lampu kulkas di atur oleh door switch yang terdapat bagian pintu kulkas. Door switch akan memutus atau menghubungkan arus listrik ke lampu saat pintu kulkas sedang di buka atau di tutup.

Heater

Radiator lemari es atau elemen pemanas di gunakan untuk menaikkan suhu freezer agar tidak beku. Biasanya, lemari es dua pintu memiliki dua elemen pemanas, yang di gunakan untuk sistem pencairan dan pemanas. Komponen pemanas hanya dapat di gunakan pada lemari es 2 pintu.

Di sisi lain, lemari es 1 pintu tidak memiliki pemanas untuk mengeluarkan tepung es. Cara mengeluarkan tepung es di kulkas satu pintu dengan mematikan kulkas beberapa saat hingga tepung es mencair.

Thermo defrost

Thermo defrost dapat berfungsi untuk mengaktifkan heater setiap 7 jam sekali agar tidak terjadi pembentukan bunga es yang dapat menutupi evaporator. Ketika suhu freezer telah mencapai 13 °C, sensor thermo defrost akan menghubungkan heater ke arus listrik yang berasal dari timer defrost.

Timer defrost

Fungsi utama timer defrost adalah untuk mengatur kerja kompresor dan heater dengan cara memindahkan arus listrik di antara keduanya. Perpindahan arus listrik oleh timer defrost di kendalikan oleh sensor thermostat yang mendeteksi suhu ruangan di dalam kulkas.

Ketika suhu kulkas mencapai dingin tertentu sesuai dengan yang sudah di atur, maka thermostat akan memerintahkan timer defrost untuk memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem heater atau defrost.

Thermostat

Thermostat adalah sensor suhu yang berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan di kulkas. Komponen utama yang ada di dalam thermostat adalah logam bimetal yang dapat berubah bentuk karena pengaruh suhu. Thermostat terhubung langsung dengan timer defrost untuk mengendalikan kerja kompresor dan heater atau sistem defrost.

Baca juga : Rekomendasi Kulkas Sharp 2 Pintu

Nah iitulah tulisan artikel tentang Komponen Di Dalam Kulkas 2 Pintu. Saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari tahu komponen yang di gunakan oleh kulkas 2 pintu.

Bagikan: