Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=
Jasa Iklan Banner Berkualitas=

Berapa tekanan freon R134A freezer? Dan bagaimana Cara Menggunakan Freon R134a. Artikel kali ini akan membahas seputar kulkas terutama tekanan freon pada kulkas 2 pintu yang mungkin bisa membantu anda.

Kulkas menjadi alat elektronik yang di butuhkan keberadaanya di dalam rumah. Sama seperti AC, kulkas perlu penggantian freon agar performanya tetap produktif.

Untuk Anda yang memiliki pengetahuan di bidang mesin elektronik, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mengganti freon. Oleh karena itu yuk cari tahu nilai tekanan freon kulkas freezer dan cara pengisiannya.

Berapa Tekanan Freon Kulkas?

Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu freon, freon atau refrigerant adalah senyawa yang menyerap panas dari udara, sehingga suhu dari ruangan tersebut terasa lebih dingin di bandingkan dengan kondisi normalnya.

Freon ini tidak mempunyai warna atau bau, dan di olah dalam bentuk gas. Oleh sebab itu, erat dengan tekanan, seperti gas yang lain. Jika Anda bertanya berapa tekanan freon kulkas, maka jawabannya tergantung merek kulkas .

Namun untuk ukuran normal, tekanan freon adalah 10 psi. Setelah mencapai ukuran tersebut, langsung tutup kran tabung dengan baik. Jika setelah waktu 10 menit tekanannya berkurang, maka terjadi kebocoran pada sistem pipa kulkas yang anda gunakan.

Cara Menggunakan Freon R134a?

Tabel tekanan freon

Sebenarnya mengisi freon untuk kulkas bukanlah hal mudah. Bahkan, jauh lebih sulit di bandingkan dengan mengisi freon AC. Alasan seperti ini yang membuat pengisian freon lebih banyak di lakukan oleh tenaga ahli dan teknisi.

Namun setelah mengetahui berapa tekanan freon kulkas freezer, tidak ada salahnya jika anda mencari tahu bagaimana cara pengisiannya. Yuk intip langkah berikut!

Pertama memasang selang biru manifold gauge ke suction dan selang kuning di refrigerant R134a. Lalu membuang angin yang ada di selang kuning dengan membuka kran refrigerant. Jika sudah ada angin yang keluar, maka anda perlu menutup kembali seperti semua.

Kemudian isilah refrigeran secara perlahan ke dalam kulkas, dengan cara membuka kran manifold biru hingga tekanan freon kulkas 2 pintu itu mencapai 2 psi. Jika sudah tutup kembali kran biru dan menyalakan kulkas sampai mesin hangat.

Lalu buka kembali tutup tabung refrigeran dan isi hingga tekanannya mencapai 10 psi. Jika sudah, tutup kembali tabung refrigerator dan kran biru yang ada di manifold gauge.

Tunggu sekitar 10 menit dan lihat apakah ada penurunan tekanan atau tidak. Jika ada penurunan, maka artinya terjadi kebocoran pada pipa. Harapannya, nilai tekanan freon kulkas freezer tetap stabil dan tidak berkurang.

Kemudian copot selang kuning dari tabung refrigeran R134a dan juga keran biru di pipa pengisian kulkas. Tekan pipa pengisian dengan vise grip dan lakukan pengelasan. Lanjutkan dengan mencopot pipa yang ada pentilnya.

Mengapa Menggunakan Freon R134a?

Kenapa freon yang di gunakan untuk mengisi kulkas adalah tipe R134a. Lantas apa yang membuatnya di pilih? Karena freon R134a adalah tipe freon yang memiliki beberapa properti yang baik, tidak mudah terbakar, relatif stabil, dan tidak beracun.

Tekanan freon R134a freezer yang di butuhkan adalah 10 psi. Namun jika tipe yang di gunakan adalah versi R12, maka anda perlu mencari spesifikasi freon nya sama.

Dengan demikian, proses pengisian bisa berjalan dengan lancar, dan fungsi yang di dapat bisa sesuai dengan yang di inginkan. Lihatlah secara teliti berapa nilai tekanan freon kulkas freezer yang anda gunakan, jangan sampai salah.

Baca juga : Penyebab Kulkas LG Inverter 2 Pintu Tidak Dingin

Demikianlah tulisan artikel tentang Cara Menggunakan Freon R134a yang perlu anda ketahui. Harga freon R134a lumayan terjangkau, jika di bandingkan dengan fungsinya yang sangat penting.

Jika seandainya anda kurang yakin dengan kemampuan pribadi, lebih baik gunakan saja bantuan teknisi agar tidak terjadi kekeliruan, ketika menganti freon.

Bagikan: